7 Tujuan kualitatif akuntansi keuangan dan laporan keuangan

Tujuan kualitatif akuntansi keuangan dan laporan keuangan - Informasi keuangan suatu unit organisasi atau perusahaan akan bermanfaat bagi pemakainya, bila dipenuhi persyaratan kualitas seperti yang diterapkan dalam buku prinsip akuntansi indonesia berikut ini

1. Relevan

Relevansi suatu informasi harus berkaitan dengan maksud penggunaannya. informasi yang tidak relevan dengan keperluan para pengambi keputusan, tidak berguna walaupun kualitas lainnya mungkin terpenuhi. Sehubungan dengan tujuan Relevansi itu,  perlu dipilih metode pengukuran dan pelaporan akuntansi keuangan yang dapat membantu sejauh mungkin para pemakai data akuntansi keuangan. Maka dalam mempertimbangkan relevansi suatu informasi yang bertujuan umum, perhatian difokuskan pada kebutuhan umum pemakai dan bukan pada kebutuhan khusus pihak tertentu saja.

2. Dapat dimengerti

Informasi harus dapat dimengerti oleh pemakainya. Bentuk laporan keuangan dan istilah-istila yang digunakan harus disesuaikan dengan batas kemampuan pemakai dalam menangkap pengertiannya. Dan pihak pemakai juga diharapkan mereka telah memiliki dasar pengetahuan mengenai aktivitas ekonomi perusahaan, proses akuntansi keuangan dan istilah-istila umum yang digunakan dalam laporan keuangan.

3. Dapat diuji kebenarannya

Laporan keuangan harus disusun secara objektif, sehingga dapat diuji kebenarannya oleh para pengukur yang independen dengan menggunakan metode pengukuran yang sama.

4. Netral

Informasi keuangan harus diarahkan pada kebutuhan pihak tertentu saja. Menyajikan informasi keuangan yang hanya menguntungkan pihak tertentu tetapi akan merugikan pihak lain,  tidak diperkenankan.

5. Tepat waktu

Informasi harus disampaikan sedini mungkin agar dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi dan menghindari penundaan pengambilan keputusan yang dianggap penting.

6. Dapat dibandingkan

Informasi laporan keuangan harus dapat dibandingkan dengan informasi laporan keuangan periode sebelumnya dari perusahaan yang sama, dan juga dengan laporan keuangan perusahaan yang sejenis pada periode yang sama.

Untuk mencapai sasaran perbandingan secara memadai,  maka penerapan metode akuntansi yang dipakai perusahaan hendaknya konsisten dari tahun ketahun. Bila pada tahun tertentu terjadi perubahan metode akuntansi, perlu dijelaskan alasan perubahannya.

7. Lengkap.

Laporan keuangan hendaknya disajikan secara lengkap meliputi semua data akuntansi keuangan yang dapat memenuhi sepenuhnya enam tujuan kualitatif di atas. Laporan keuangan harus memenuhi standar pengungkapan yang memadai, yang mengungkapkan seluruh fakta keuangan yang penting dan semua informasi tambahan yang dapat mempengaruhi perilaku pengambilan keputusan.

Selain artikel 7 Tujuan kualitatif akuntansi keuangan dan laporan keuangan, mungkin anda juga bisa membaca artikel lain yang berhubungan dengan artikel ini, seperti Ketentuan Prinsip Akuntansi Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *