Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi merupakan basic dan logika dasar dari ilmu akuntansi yang mengunakan sistem double entry bookkeeping. Secara matematika persamaan dasar akuntansi dapat dirumuskan sebagai berikut :

Aset (Harta) = Liabilitas (Kewajiban) + Ekuitas (Modal)

Persamaan Dasar Akuntansi

Tiga komponen dari persamaan dasar akuntansi adalah :

  • Aset (Harta) atau aktiva adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan, yang bisa mendatangkan keuntungan/manfaat dimasa yang akan datang, diproleh atau dikontrol oleh sebagian entitas sebagai hasil dari transaksi dimasa lalu. Aset dapat dikatagorikan sebagai : aset lancar, aset tidak lancar, dan aset lainnya. Dalam neraca, pengkategorian aset disusun berdasarkan tingkat likuiditasnya. Saldo normal dari aset adalah debit.
  • Liabilitas (Kewajiban) atau pasiva adalah kewajiban yang harus dilunasi oleh perusahaan baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang. Contoh dari liabilitas (kewajiban) adalah semua utang dan semua jasa/pelayanan yang harus dilakukan. Liabilitas dapat dikategorikan sebagai : liabilitas jangka pendek (kurang dari satu tahun) dan liabilitas  jangka panjang (lebih dari satu tahun). Saldo normal dari liabilitas adalah kredit.
  • Ekuitas (Modal) adalah klaim pemilik atau investor atas total aset yang tersedia setelah dikurangi dengan liabilitas atau kewajiban, serta merupakan akumulasi keuntungan yang belum didistribusikan kepada pemilik atau investor.
    Adapun hal-hal yang mempengaruhi ekuitas (Modal) terdiri dari :
    Investment by owner, investasi yang dilakukan pemilik merupakan aset yang diikutsertakan ke dalam usaha yang dimiliki oleh pemilik, hal ini dapat menambah total ekuitas.
    Drawings (prive), pemilik terkadang melakukan pengambilan pribadi yang berupa uang kas atau aset selama periode akuntansi untuk kepentingan pribadi sehingga dapat mengurangi total ekuitas pemilik (owner’s equity).
    Revenues atau pendapatan mempengaruhi peningkatan kotor dari ekuitas pemilik yang dihasilkan dari aktivitas bisnis baik melalui perdagangan, manufaktur, dan jasa yang berujuan untuk mendatangkan pendapatan bagi pemilik usaha.
    Expenses atau beban mempengaruhi penurunan dari ekuitas pemilik yang dihasilkan dari kegiatan operasi perusahaan. Beban merupakan biaya yang telah diguanakan atau jasa yang digunakan sebagai proses menghasilkan pendapatan.

Persamaan dasar akuntansi ini berlaku hanya apabila kita melakukan pembukuan dengan sistem double entry, dimana semua entri yang dibuat dimaksudkan untuk diseimbangkan dengan menggunakan persamaan dasar ini. Jika  menggunakan sistem single entry, maka persamaan dasar ini tidak berlaku.

Untuk contoh soal dan jawaban dari persamaan dasar akuntansi bisa mengikuti link ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *