Posting ke Buku Besar

Cara posting ke buku besar umum Setelah kita memahami apa itu buku besar dan bentuk standar dari buku besar, selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara posting ke buku besar dari sebuah jurnal.

Sebelum melangkah lebih jauh, kita pahami terlebih dahulu apa itu posting ? Posting adalah suatu prosedur mentransfer jurnal entri ke akun-akun yang ada didalam buku besar. Pada tahap ini proses pencatatan mengakumulasi efek-efek dari transaksi yang telah dijurnal kedalam masing-masing akun yang ada di buku besar.

Posting ke buku besar meliputi beberapa tahap berikut:

  1. Di dalam buku besar, masukan kedalam kolom yang tepat akun yang didebit, tanggal transaksi, halaman jurnal, dan jumlah yang didebit sesuai dengan yang ditampilkan di jurnal yang diposting.
  2. Di dalam kolom referensi di bagian jurnal, tulis nomor akun sesuai dengan akun yang ada di buku besar dimana angka yang didebit telah diposting kedalam akun tersebut.
  3. Di dalam buku besar, masukan kedalam kolom yang tepat akun yang dikredit, tanggal transaksi, halaman jurnal, dan jumlah yang dikredit sesuai dengan yang ditampilkan di jurnal yang diposting.
  4. Di dalam kolom referensi di bagian jurnal, tulis nomor akun sesuai dengan akun yang ada di buku besar dimana angka yang dikredit telah diposting kedalam akun tersebut.

Empat tahap posting ke buku besar dapat kita lihat pada illustrasi di bawah:

Contoh posting ke buku besar
Contoh posting ke buku besar

Posting ke buku besar harus dilakukan secara berurutan. Yaitu semua debit dan kredit yang ada di jurnal entri harus selalu diposting ke buku besar sebelum memproses jurnal entri selanjutnya. Sesuiai dengan prosedur menjurnal yang telah dijelaskan pada post sebelumnya, posting ke buku besar harus dilakukan secara tepat waktu untuk memastikan bahwa buku besar selalu update.

Kolom referensi yang ada didalam jurnal menyuguhkan beberapa kegunaan. Angka-angka yang terdapat di kolom tersebut mengindikasikan bahwa jurnal entri telah diposting ke akun yang ada didalam buku besar. Setelah jurnal entri yang terakhir telah diposting ke buku besar, kolom referensi jurnal harus kembali dicek ulang untuk melihat apakah semua jurnal entri telah diposting ke buku besar atau belum.

Sedangkan kolom referensi yang ada pada akun-akun di buku besar mengindikasikan halaman jurnal dari mana transaksi-transaksi tersebut diposting. Kolom penjelasan yang ada di buku besar merupakan kolom penjelasan yang isinya diambil dari bagian penjelasan di jurnal yang telah diposting.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *