Tata Buku Berpasangan Luca Pacioli

Perkembangan sistem pencatatan yang disebut tata buku berpasangan (double entry bookkeeping) timbul karena pengaruh yang kuat dari para pedagang Venetia. Uraian mengenai sistem ini pertamakali diperkenalkan di Italia pada tahun 1494. Penulisnya adalah seorang rahib dari ordo fransiskus bernama Luca Pacioli atau Lukas dari Burgos. Ia seorang ahli matematika yang mengajar di berbagai universitas. Salah satu bukunya yang terkenal berjudul “summa de aritmetica, proportioni et proportionalita”, yang memuat antara lain satu bab yang berjudul “tractatus de computis et scriptoris”. Dalam tulisannya ini ia menguraikan tentang cara-cara pembukuan menurut catatan berpasangan tersebut.

Dalam bukunya itu, Luca Pacioli membuat catatan – catatan yang lebih sistematis dari sebelumnya dengan selalu menggunakan dua sisi (debit dan kredit) untuk setiap kejadian atau transaksi dari bahasa latin debere dan credere yang berarti percaya dan mengandung pengertian saling percaya antara orang yang mengadakan transaksi.

Tata Buku Berpasangan Luca Pacioli

Tata buku berpasangan itu mencatat kedua aspek transaksi itu begitu rupa sehingga membentuk suatu perkiraan yang berimbang. misalnya bila seseorang meminjam Rp 2 juta dari sebuah bank, maka jumlah pinjaman tersebut akan dicatat baik sebagai kas Rp 2 juta maupun kewajiban membayar kembali sebesar Rp 2 juta. Gagasan Pacioli, yang kemudian diangkat sebagai bapak akuntansi itu, berkembang pesat di Eropa dan dikenal sebagai aliran kontinental.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *