Akuntansidanpajak – Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan laporan keuangan secara objektif dan dapat diandalkan. Laporan keuangan yang disajikan meliputi neraca, perhitungan laba rugi, laporan perubahan modal, dan perubahan posisi keuangan. Agar proses akuntansi dapat menghasilkan laporan keuangan yang baik dan informatif maka perlu dirancang perkiraan akun yang akan dipakai oleh perusahaan bersangkutan.

Akun atau perkiraan untuk suatu perusahaan dapat dikelmpokan menjadi lima, yaitu perkiraan harta/aset (aktiva), perkiraan utang, perkiraan modal, perkiraan pendapatan, dan perkiraan beban. Perkiraan harta, utang dan modal disebut perkiraan neraca, karena ketiga kelompok perkiraan tersebut merupakan unsur-unsur neraca.

Perkiraan pendapatan dan beban disebut perkiraan nominal atau pembantu modal karena menampung bertambah atau berkurangnya modal dalam suatu periode akuntansi. Untuk mempermudah dapat perhatikan ringkasannya di bawah:

Ringkasan Penggolongan Akun atau Perkiraan dalam akuntansi

Penggolongan Akun atau Perkiraan

Perkiraan/akun:

  • Riil/Neraca
  • Nominal
    • Pendapatan (Income/revenue)
    • Beban ( Expenses)

Demikianlah penggolangan akun atau perkiraan di akuntansi semoga bermanfaat bagi para pelajar dan mahasiswa yang sedang belajar atau kuliah akuntansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *